Timbangan Hewan | Timbangan digital

Produsen timbangan hewan ternak dan floor scale barang berat

Senin, 24 Oktober 2016

Pemprov Jabar Kerahkan Setengah Ribu Petugas Pemeriksa Hewan

·   0






POJOKJABAR.com, BANDUNG – Pemerintah Provinsi Jawa Barat menerjunkan 500 petugas pemeriksa kesehatan hewan dan daging kurban. Mereka akan bertugas untuk memastikan kesehatan dan kehalalan hewan kurban pada hari raya Idul Adha 1437 H.

Petugas pemeriksa kesehatan hewan kurban ini berasal dari sejumlah instansi terkait di Jabar seperti Dinas Peternakan Provinsi Jabar, Kota Bandung, Cimahi, Kabupaten Bandung, Bandung Barat, dan Subang. Selain itu, terdapat juga dari Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia Jabar, mahasiswa dan dosen kedokteran hewan Unpad, serta dari unsur Majelis Ulama Indonesia.

Gubernur Jabar Ahmad Heryawan mengatakan, Pemprov Jabar setiap tahunnya selalu menurunkan tim kesehatan ke lapangan untuk memastikan keamanan bagi masyarakat. Hal ini penting agar daging hewan kurban sehat dan layak dikonsumsi.

“Yang tidak kalah penting, hewan kurban ini harus sesuai dengan syariah Islam,” kata Ahmad Heryawan usai melepas tim pemeriksa kesehatan hewan kurban, di Gedung Pakuan, Kota Bandung, akhir pekan kemarin. Acara ini dihadiri juga Kepala Dinas Peternakan Jabar Dodi Firman Nugraha.

Ahmad Heryawan menyebut, undang-undang pun telah memerintahkan hal ini. Undang-Undang Nomor 41 Tahun 2014 Tentang Peternakan dan Kesehatan Hewan menyebut pemerintah daerah bertanggungjawab atas daging yang beredar di masyarakat.

Sehingga, peredarannya harus memenuhi persyaratan aman, sehat, dan halal. Disinggung keterbatasan jumlah petugas pemeriksa, Ahmad Heryawan meminta warga lebih paham tentang kriteria hewan kurban.

Tak hanya itu, Ahmad Heryawan pun mengimbau masyarakat agar lebih waspada. Warga harus memastikan hewan kurban yang hendak dibelinya sudah mendapat label tes kesehatan.


“Artinya itu sudah diperiksa, jadi sudah aman,” katanya. Ahmad Heryawan menambahkan, ciri-ciri hewan kurban yang baik adalah gemuk, tidak keluar cairan pada hidung, dan lincah.

“Itu berarti sehat, pilihlah hewan kurban dengan ciri-ciri seperti itu,” katanya. Lebih lanjut Ahmad Heryawan katakan, pihaknya membutuhkan lagi keberadaan rumah sakit khusus hewan.

Saat ini hanya ada satu RS hewan. Padahal, dengan jumlah wilayah yang luas, menurutnya RS hewan harus tersedia di setiap kabupaten/kota.

“Untuk menjamin kesehatan manusia melalui kesehatan hewan itu sangat perlu rumah sakit hewan, tidak hanya di provinsi saja. Ke depan Pemprov Jabar sendiri akan berupaya membangun rumah sakit hewan merata di semua kabupaten dan kota,” pungkasnya.

Dodi mengatakan, pemeriksaan hewan kurban di seluruh kabupaten/kota di Jabar sudah dilakukan sejak 1 September . Pemeriksaan ini akan terus dilakukan hingga hari H.

Lebih lanjut dia katakan, kebutuhan hewan kurban Jabar sekitar 300 ribu ekor. Jumlah ini terdiri dari 87.013 ekor sapi dan 225.665 ekor domba.

Menurutnya, ketersediaan hewan qurban di Jabar tergolong surplus. Saat ini ketersediaan sapi sebanyak 98.181 ekor sehingga surplus 2.168 ekor.

Jumlah tersebut berasal dari sapi lokal sebanyak 40.487 ekor, feeedlot 5.367 ekor, dan antar pulau 43.327 ekor. Selain itu, dari jumlah kerbau yang dibutuhkan sebanyak 1.981 ekor, ketersediaannya sebanyak 3.579 ekor sehingga surplus 1.598 ekor.

Surplus paling besar terjadi pada domba. Ketersediaannya mencapai 655.996 ekor sehingga kelebihannya 430.331 ekor.

“Dan kebutuhan kambing sebanyak 36.168 ekor, sementara yang tersedia 100.392 ekor, jadi tersisa 64.224,” katanya. Dodi pun memastikan, kebutuhan hewan kurban di Jabar tidak pernah kekurangan.

“Kalau kurban, masyarakat yang tidak biasa mengonsumsi daging karena niat ibadah akan membeli sapi bukan membeli daging. Artinya permintaan terhadap ternak akan meningkat,” katanya.

Sementara itu, untuk memenuhi kebutuhan daging sapi yang mencapai 35.000 ekor per hari, menurutnya masih mengandalkan pasokan impor. “Sapi lokal hanya bisa memenuhi 30 persennya saja,” pungkasnya. (agp)

Sumber : http://jabar.pojoksatu.id/bandung/2016/09/05/pemprov-jabar-kerahkan-setengah-ribu-petugas-pemeriksa-hewan/3/

Lihat juga video Proses penimbangan sapi, menggunakan timbangan hewan :


Video tutorial pemasangan timbangan hewan  dari kami : 

Subscribe to this Blog via Email :