Timbangan Hewan | Timbangan digital

Produsen timbangan hewan ternak dan floor scale barang berat

Senin, 24 Oktober 2016

Disperindag Gelar Terra dan Terra Ulang Timbangan Pedagang

·   0



PEKANBARU (RIAUPOS.CO) - Melindungi konsumen dari kecurangan yang dilakukan para pedagang nakal, Dinas Perindusrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pekanbaru melakukan Terra dan Terra ulang terhadap timbangan para pedagang di pasar yang ada di wilayah Kota Bertuah.

Kepala Bidang Perdagangan Disperindag Kota Pekanbaru Masirba Sulaiman kepada Riaupos.co menyebutkan, para pedagang wajib menera ulang timbangan yang digunakan untuk transaksi jual-beli, agar pembeli tidak merasa dirugikan.

"Kami sudah melakukan terra dan terra ulang timbangan para pedagang dibeberapa pasar di Pekanbaru, nantinya dibulan Oktober pemerintah provinsi akan menyerahkan kemeterologian ke Pemko Pekanbaru," ungkap Irba, Jum’at (13/5/2016).

Disampaikan Irba, apabila nantinya timbangan para pedagang telah diterra ulang, namun masih melakukan kecurangan ,  berdasarkan Undang Undang (UU) Kemetrologian pedagang tersebut,  akan dijatuhi sanksi pidana satu tahun kurungan dan denda sebesar Rp 1 juta.

Selain melakukan kegiatan tera dan terra ulang, upaya lainnya yang dilakukan Disperindag Kota Pekanbaru juga  memberikan sekitaran 500 timbangan pegas berukuran 5 kg kepada para pedagang dibeberapa pasar. Karena masih banyak pedagang menggunakan timbangan  berukuran 1 kg. Padahal berdasarkan UU kemetrologian timbangan tersebut sudah tidak dibenarkan untuk digunakan.

"Disperindag telah memberikan 500 unit timbangan ukuran 5 kg kepada pedagang secara cuma-cuma, dengan syarat pedagang menukarkan timbangan mereka berukuran 1 Kg, pemberian timbangan itu sudah kita lakukan dibeberapa pasar. Seperti pasar Sail, Rumbai, Palapa dan terakhir di pasar Lima Puluh," papar Irba

Disebutkan Irba, pada peresmian pasar Lima Puluh beberapa waktu lalu, pihaknya memberikan sebanyak 180 timbangan yang dibagikan kepada 100 pedagang pasar Limapuluh, sisanya 80 lagi diberikan kepada pedagang pasar pagi Dupa, yang mana dianggarkan pada APBD 2016.

"Timbangkan itu dianggarkan pada APBD tahun ini, pemberian timbangan untuk memancing agar beralih ketimbangan pegas 5 Kg." sampainya

Untuk itu, Irba berharap para pedagang sikap jujur, masyarakat pun  diminta harus jeli ketika hendak membeli agar tidak dirugikan.

"Kita harapkan pedagang jujur, masyarakat harus pun harus jujur, dengan memimbang ulang karena setiap pasar kita menyediakan timbangan, apabila ada perbedaan ukuran dalam timbangan maka hendak laporkan ke kita, dan lansung kita tindak." pungkasnya.

Sumber : http://www.riaupos.co/112830-berita-disperindag-gelar-terra-dan-terra-ulang-timbangan-pedagang.html#.WA4Znh7buM8




Lihat juga video Proses penimbangan sapi, menggunakan timbangan hewan :


Video tutorial pemasangan timbangan hewan  dari kami : 

Subscribe to this Blog via Email :