Timbangan Hewan | Timbangan digital

Produsen timbangan hewan ternak dan floor scale barang berat

Senin, 24 Oktober 2016

Berhati-hatilah Warga Bekasi, Kecurangan Timbangan di Sejumlah Pasar Masih Marak Beredar

·   0

POJOKJABAR.com, BEKASI – Berhati-hatilah bagi warga Kota Bekasi yang akan berbelanja di pasar tradisional atau pasar modern, karena sampai saat ini masih ada pedagang yang berbuat curang dengan cara memanipulasi berat timbangan.
Ya, semakin tingginya harga kebutuhan pokok, acap kali dimanfaatkan oleh  oknum pedagang melakukan kecurangan demi keuntungan. Dengan melakukan pengurangan berat pada timbangan saat transaksi jual beli.
Kodisi ini diakui oleh sekretaris Dinas Perindustrian, Perdagangan, dan Koperasi (Disperindagkop) Kota Bekasi, Deded Kusmayadi. Dia mengaku, akan terjun melakukan pemeriksaan alat timbang di pasar modern dan tradisional di Kota Bekasi.
“Untuk sementara ini, kalau di pasar modern yang sudah kita lakukan Summarecon dan Galaksi belum ada ditemukan alat timbangan. Namun untuk di pasar tradisional memang belum dilakukan,” ujarnya saat ditemui Radar Bekasi.
Menurutnya, ada beberapa macam timbangan yang biasa digunakan oleh pedagang di pasar, di antaranya ada jenis timbangan kodok (timbangan yang menggunakan satuan batu untuk mengukur berat barangnya), timbangan gantung, timbangan jarum, timbangan elektronik, dan jenis timbangan lainnya.
“Selama timbangan tersebut sesuai dengan standarisasinya dan tidak merugikan pihak manapun terutama pembeli, maka suatu timbangan sah-sah saja untuk dipergunakan dalam kegiatan berdagang,” katanya.
Sementara itu, salah seorang warga Wahyuti (43) mengaku, perlu adanya pemeriksaan timbangan oleh pemerintah terhadap pedagang. Menurutnya, rasa ragu terhadap timbangan membuat dirinya berprasangka buruk kepada pedagang.
“Saat ini apa-apa mahal, sembako sama lauk-lauk aja kalau kita belanja Rp50 ribu tidak ada apa-apanya, tentu apabila pedagangnya main timbangan membuat kita kesal. Tapi hal seperti ini sudah tidak asing lagi bagi masyarakat, meskipun kecurangannya tidak seberapa, namun kejujuran tetap paling utama,” jelasnya. (and)

Sumber : http://jabar.pojoksatu.id/bekasi/2016/04/25/berhati-hatilah-warga-bekasi-kecurangan-timbangan-di-sejumlah-pasar-masih-marak-beredar/

Lihat juga video Proses penimbangan sapi, menggunakan timbangan hewan :


Video tutorial pemasangan timbangan hewan  dari kami : 

Subscribe to this Blog via Email :